Cari Artikel

Kamis, 12 Juli 2012

SEO dengan Navigasi yang Baik

Salah satu cara SEO adalah dengan membuat situs yang mudah untuk dinavigasi. Navigasi situs web penting dalam membantu pengunjung menemukan isi yang mereka inginkan secara cepat. Hal ini juga dapat membantu mesin telusur memahami isi konten yang dianggap penting oleh webmaster. Meski hasil penelusuran Google disediakan dalam tingkat laman, Google juga ingin memiliki arti tentang peran yang ditampilkan laman dalam gambar situs yang lebih besar. Semua situs memiliki beranda atau laman "dasar", yang biasanya merupakan laman situs paling sering dibuka dan tempat permulaan navigasi untuk banyak pengunjung. Jika situs Anda hanya memiliki laman sedikit, Anda sebaiknya berpikir tentang kenapa pengunjung ingin pergi dari laman umum (laman dasar) Anda ke laman yang berisi konten yang lebih spesifik. Apakah Anda memiliki laman yang cukup di sekitar area topik spesifik sehingga akan masuk akal untuk membuat sebuah laman yang mendeskripsikan laman terkait ini (mis. laman dasar -> daftar topik terkait -> topik spesifik)? Apakah Anda memiliki ratusan produk berbeda yang perlu dikklasifikasi dalam kategori ganda dan laman subkategori?
Peta situs (huruf kecil) adalah laman sederhana pada situs Anda yang menampilkan struktur situs web, dan biasanya berisi daftar hierarki laman situs. Pengunjung bisa mengunjungi laman jika mereka memiliki masalah dalam menemukan laman dalam situs Anda. Ketika mesin telusur juga akan mengunjungi laman ini, dapatkan cakupan penelusuran yang bagus dari laman situs Anda, ini biasanya ditujukan bagi pengunjung manusia. File Peta situs XML (huruf besar), yang bisa Anda kirimkan melalui Perangkat Webmaster Google, mempermudah Google untuk menjelajahi laman situs Anda. Menggunakan file Peta situs juga merupakan cara baru (meski tidak menjamin) untuk memberitahu veri URL yang ingin Anda jadikan kanon kepada Google

Latihan yang baik untuk navigasi situs agar SEO adalah sebagai berikut :
  • Buatlah hierarki yang mengalir dengan alami - Buatlah sesederhana mungkin bagi pengguna untuk membuka konten umum dan konten spesifik yang mereka inginkan dalam situs Anda. Tambahkan laman navigasi jika perlu dan kerjakan penambahan ini secara efektif ke dalam struktur tautan internal Anda.
  • Gunakan sebagian besar teks untuk navigasi - Dengan mengontrol sebagian besar navigasi dari laman ke laman pada situs Anda melalui tautan teks akan memudahkan mesin telusur untuk menelusuri dan memahami situs Anda. Banyak pengguna juga menyukai pendekatan ini dibanding lainnya, khususnya untuk piranti yang mungkin tidak menangani Flash atau JavaScript. 
  • Gunakan navigasi "breadcrumb"- Breadcrumb adalah sebaris tautan internal pada bagian atas atau bawah laman yang memungkinkan pengunjung untuk menavigasi balik ke bagian sebelumnya atau ke laman dasar dengan cepat. Banyak breadcrumbs memiliki laman yang paling umum (biasanya laman dasar) sebagai tautan pertama dan paling kanan dan memuat bagian yang lebih spesifik keluar ke sisi kanan. Letakkan laman peta situs HTML pada situs Anda, dan gunakan file Peta situs XML - Laman peta situs yang sederhana dengan tautan ke semua laman atau laman yang paling penting (jika Anda memiliki ratusan atau ribuan) pada situs Anda akan sangat berguna. Dengan membuat file Peta situs XML untuk situs Anda membantu menjamin mesin telusur menemukan laman-laman pada situs Anda. 
  • Pertimbangkan apa yang akan terjadi jika seorang pengguna menghilangkan sebagian dari URL Anda  
  • Beberapa pengguna mungkin menavigasi situs Anda dengan cara yang aneh, dan Anda harus mengantisipasinya. Misalnya, selain menggunakan tautan breadcrumb pada laman, pengguna mungkin memasukkan sebagian URL ke dalam harapan untuk menemukan konten yang lebih umum.


Memiliki laman 404 yang berguna - Pengguna kadang-kadang membuka laman yang tidak ada dalam situs Anda, baik dengan mengikuti tautan putus atau mengetik dalam URL yang salah. Dengan memiliki laman 404 kustom yang dapat memandu pengguna untuk balik ke laman kerja pada situs Anda dapat sangat meningkatkan pengalaman pengguna. Laman 404 Anda mungkin seharusnya memiliki tautan untuk balik ke laman dasar dan juga dapat menyediakan tautan ke konten populer atau konten terkait pada situs Anda. Google menyediakan widget 404 yang dapat Anda lekatkan dalam laman 404 untuk digabungkan secara otomatis dengan banyak fitur berguna. Anda dapat juga menggunakan Perangkat Webmaster Google untuk menemukan sumber URL yang menyebabkan galat "tidak ditemukan".
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...